Rabu, 14 Maret 2018

Cara Memilih Jenis Server yang Sesuai dengan Perusahaan Anda

Distributor Hewlett Packard SurabayaDikala memulai merintis layanan startup jangan pernah menyepelekan masalah pemilihan variasi server yang nantinya akan Anda digunakan. Karena hal ini bisa menjadi suatu faktor prioritas yang memastikan keberhasilan jasa Anda di masa depan. Berdasarkan yang mesti dipertimbangkan pertama kali sebelum pilih macam server yakni mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan dipakai untuk keperluan kompleks, sedang, atau hanya diterapkan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada awal, Anda kemudian baru bisa memutuskan model server yang sesuai untuk jasa  Anda.

Cara Memilih Jenis Server yang Sesuai dengan Perusahaan Anda


Saat ini keperluannya, model server dibagi ke dalam empat klasifikasi, yakni Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kesanggupan dari tiap-tiap server tersebut? Mari Kita lihat lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga dikenal juga dengan nama entry level server. Server tipe ini lazim diaplikasikan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang kecil, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh PC.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak diterapkan sebab bentuknya yang tidak memakan tempat dan mudah diletakkan pada rak server.
Macam server ini sangat sesuai untuk perusahaan berskala kecil untuk diciptakan sentra data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah pemakai laptop antara 20 hingga 100 orang bisa menggunakan server model ini. Midrange server mempunyai spek dan kemampuan yang lebih baik dibandingikan dengan server model entry level. Rata-rata midrange server sudah dilengkapi dengan sistem pendingin dan suplai kekuatan back up untuk menjaga server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat menghandle beberapa tugas secara berbarengan. Server ini sanggup melakukan beberapa tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, mengendalikan cara pembagian file, dan mengerjakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga dapat simpan lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh dengan cepat. Beberapa, server tipe ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Model Blade server belum mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi, meski demikian server model ini mempunyai keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Tipe desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan jenis ini terhubung dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh sebab itu, server ini bisa memakai suplai daya, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya jikalau ada satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Macam server ini sesuai untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, website isu, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni jenis server tertinggi. Server ini mampu menghasilkan performa dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server mampu menampung lebih dari seribu user yang bergantung pada database yang sangat besar.
Server ini umumnya dipakai oleh perusahaan besar, seperti jasa penerbangan, banking, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server biasanya dirangkai di dalam ruangan tertentu dengan bentuk seperti rak yang berisikan komputer. Server model ini membutuhkan ruangan yang cukup lega dengan sistem pendinginan ruangan yang maksimal supaya server dapat bekerja dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, walaupun hanya satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi perusahaan yang memakainya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang bisa dipercaya setiap saat.
Menentukan server yang pas akan berpengaruh pada performa perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server dapat berpengaruh jelek, bisa berupa server yang tidak mampu menampung kerja user atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efisien dalam hal budgeting. Kekeliruan ini bisa mengakibatkan bisnis rugi secara financial, kesalahan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar