Minggu, 18 Maret 2018

Metode Memilih Model Server yang Pantas dengan Bisnis Anda

PC Server TerbaikSaat memulai merintis bisnis startup jangan pernah meremehkan masalah pemilihan variasi server yang nantinya akan Anda dipakai. Sebab hal ini bisa menjadi suatu unsur utama yang menentukan keberhasilan bisnis Anda di masa depan. Menurut yang sepatutnya dipikirkan pertama kali sebelum menentukan macam server ialah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan diterapkan untuk keperluan rumit, menengah, atau sebatas dipakai untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu keperluan di awal, Anda kemudian baru bisa menentukan macam server yang tepat untuk layanan  Anda.

Metode Memilih Model Server yang Pantas dengan Bisnis Anda


Saat ini keperluannya, model server dibagi ke dalam 4 golongan, adalah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kemampuan dari masing-masing server ini? Mari Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga dikenal juga dengan nama server tahap awal. Server tipe ini umumnya digunakan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang sedikit, kira-kira untuk 10-20 komputer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak dipakai karena bentuknya yang tidak memakan tempat dan gampang dipasangkan pada rak server.
Jenis server ini sangat sesuai untuk perusahaan skala kecil untuk diciptakan sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk usaha dengan kapasitas pengguna laptop antara dua puluh hingga seratus orang dapat menggunakan server model ini. Midrange server memiliki spek dan kesanggupan yang lebih baik dibandingikan dengan server model entry level. Kebanyakan midrange server sudah dilengkapi dengan pendingin dan penyuplai kekuatan cadangan untuk menjaga server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server sanggup menghandle beberapa tugas secara berbarengan. Server ini mampu mengerjakan beberapa tugas sekalian, seperti mengatur jaringan, memegang metode pembagian file, dan menjalankan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda beli mempunyai fitur ekspansi sehingga bisa tampung lebih banyak data ketika perusahaan berkembang dengan cepat. Beberapa, server jenis ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Jenis Blade server tidak memiliki spesifikasi yang amat tinggi, meskipun begitu server tipe ini mempunyai keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Model desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan jenis ini terhubung dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh sebab itu, server ini bisa memakai suplai tenaga, pendingin, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya jikalau ada satu server yang tidak berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Model server ini cocok untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, laman isu, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah macam server paling tinggi. Server ini sanggup menghasilkan performa dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server sanggup menampung lebih dari 1.000 user yang bergantung pada database yang sangat besar.
Server ini biasanya dipakai oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, banking, instansi pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server umumnya dibentuk di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisikan komputer. Server macam ini membutuhkan ruangan yang cukup luas dengan cara pendinginan ruangan yang maksimal supaya server mampu bekerja dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, walaupun cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang lumayan signifikan bagi usaha yang menerapkannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang dapat diandalkan setiap waktu.
Menentukan server yang tepat akan berdampak pada daya kerja usaha, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server bisa berpengaruh jelek, bisa berupa server yang tidak dapat mengakomodasi pekerjaan user atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efektif dalam hal keuangan. Kesalahan ini bisa mengakibatkan bisnis rugi secara financial, kekeliruan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang lemah seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar