Rabu, 14 Maret 2018

Tips Memilih Model Server yang Cocok dengan Perusahaan Anda

Distributor Resmi Hewlett Packard IndonesiaDikala mulai merintis layanan startup jangan pernah mengeyampingkan tentang pemilihan macam server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Sebab hal hal yang demikian bisa menjadi suatu elemen penting yang menetapkan keberhasilan bisnis Anda di masa depan. Berdasarkan yang semestinya dipertimbangkan saat pertama kali sebelum pilih jenis server merupakan mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan digunakan untuk kebutuhan kompleks, sedang, atau sebatas diaplikasikan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada permulaan, Anda kemudian baru bisa menetapkan tipe server yang sesuai untuk usaha  Anda.

Tips Memilih Model Server yang Cocok dengan Perusahaan Anda


Saat ini kebutuhannya, jenis server dibagi ke dalam 4 kategori, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kesanggupan dari masing-masing server ini? Yuk Kita simak lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga disebut juga dengan nama server tahap awal. Server tipe ini umumnya dipakai dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah computer atau client yang sedikit, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.
Value Server dapat berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak digunakan sebab wujudnya yang tipis dan mudah ditaruh pada rak server.
Jenis server ini amat layak untuk perusahaan berskala kecil untuk dibuat sentra data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan kapasitas pemakai computer antara 20 sampai seratus orang bisa menggunakan server tipe ini. Midrange server memiliki spesifikasi dan kemampuan yang lebih bagus dibandingkan server model entry level. Kebanyakan midrange server sudah dilengkapi dengan sistem pendingin dan penyuplai kekuatan cadangan untuk mempertahankan server konsisten menyala terus.

Midrange server dapat melakukan sebagian tugas secara berbarengan. Server ini sanggup melakukan beberapa tugas sekalian, seperti mengatur jaringan, memegang cara pembagian file, dan melaksanakan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekstension sehingga dapat meyimpan lebih banyak data saat perusahaan tumbuh lebih cepat. Beberapa, server tipe ini menawarkan ekstension untuk prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Macam Blade server belum mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi, walaupun begitu server jenis ini mempunyai keunikan tersendiri bila dibandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Macam desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server dalam sebuah rak saja. Server dengan macam ini terkoneksi pada sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh karena itu, server ini bisa mengaplikasikan suplai energi, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), karenanya kalau ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang sedang berjalan.
Tipe server ini tepat untuk usaha kelas menengah ke atas, seperti penyedia layanan web hosting, website info, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server ialah macam server tertinggi. Server ini mampu menciptakan kinerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server bisa menampung lebih dari seribu pengguna yang bertumpu kepada database yang besar.
Server ini umumnya diterapkan oleh usaha besar, seperti jasa penerbangan, bank, kantor pemerintahan, supplier, stasiun TV, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server biasanya disusun di dalam ruangan tertentu dengan model seperti rak yang berisikan komputer. Server macam ini membutuhkan ruang yang cukup lega dengan metode pendingin ruangan yang maksimal supaya server dapat berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, walaupun cuma satu menit, bisa mengakibatkan kerugian yang cukup signifikan bagi bisnis yang menggunakannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang bisa dipercaya setiap saat.
Menentukan server yang ideal akan berimbas pada kinerja perusahaan, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server bisa berdampak jelek, bisa berupa server yang tidak menampung kerja user atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa dipakai sehingga tidak efektif dalam hal budgeting. Kekeliruan ini dapat mengakibatkan bisnis rugi dari sisi financial, kekeliruan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang kurang seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar