Minggu, 18 Maret 2018

Cara Pilih Jenis Server yang Layak dengan Usaha Anda

Harga Server UnbkPada saat memulai merintis layanan startup jangan pernah mengeyampingkan tentang pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Karena hal tersebut bisa menjadi satu elemen utama yang menetapkan keberhasilan jasa Anda di masa yang akan datang. Menurut yang semestinya dipertimbangkan pertama kali sebelum memilih macam server adalah mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Apakah server akan digunakan untuk keperluan high, sedang, atau cuma digunakan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru dapat memastikan macam server yang layak untuk bisnis  Anda.

Cara Pilih Jenis Server yang Layak dengan Usaha Anda


Sekarang ini kebutuhannya, jenis server dibagi ke dalam 4 kategori, ialah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa manfaat dan kelebihan dari masing-masing server tersebut? Mari Kita lihat lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga disebut juga dengan nama server tahap awal. Server macam ini lazim diterapkan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah komputer atau client yang kecil, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh PC.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak diterapkan sebab wujudnya yang tipis dan gampang dipasangkan pada rak server.
Tipe server ini amat layak untuk perusahaan skala kecil untuk dibuat pusat data bisnis dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan kapasitas pengguna laptop antara 20 sampai 100 orang bisa menggunakan server model ini. Midrange server mempunyai spek dan kesanggupan yang lebih baik dibandingkan server tipe entry level. Kebanyakan midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai energi back up untuk menjaga server tetap menyala terus.

Midrange server sanggup menghandle beberapa tugas secara bersamaan. Server ini mampu melaksanakan beberapa tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, mengendalikan cara pembagian file, dan mengerjakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekstension sehingga dapat menampung lebih banyak data saat perusahaan tumbuh dengan pesat. Sebagian, server tipe ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, kapasitas penyimpanan, dan RAM.

Blade server

Macam Blade server belum mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi, walaupun demikian server tipe ini memiliki keunikan tersendiri jika diperbandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Jenis desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan macam ini tersambung pada sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh karena itu, server ini bisa mengaplikasikan penyuplai kekuatan, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara bersamaan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka bila ada satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Model server ini tepat untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa website hosting, situs kabar, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah jenis server tertinggi. Server ini mampu menghasilkan kinerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server sanggup menampung lebih dari seribu user yang bertumpu pada database yang besar.
Server ini umumnya digunakan oleh bisnis besar, seperti jasa aviation, bank, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, rumah sakit,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan format seperti rak yang berisi komputer. Server tipe ini memerlukan ruang yang cukup lega dengan cara pendinginan ruangan yang maksimal agar server dapat berfungsi dengan bagus.

Kegagalan fungsi server, meski hanya satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi perusahaan yang mengaplikasikannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang dapat diandalkan setiap waktu.
Memilih server yang pas akan berdampak pada kinerja perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server dapat berpengaruh buruk, bisa berupa server yang tidak mampu mengakomodasi kerja pengguna atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efektif dalam hal budgeting. Kekeliruan ini dapat mengakibatkan usaha rugi secara financial, kekeliruan ini malahan didasari oleh pengetahuan yang kurang tentang server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar