Rabu, 14 Maret 2018

Kiat-kiat Memilih Jenis Server yang Sesuai dengan Usaha Anda

Harga Rack Server 20uSaat memulai merintis usaha startup jangan pernah menyepelekan soal pemilihan jenis server yang nantinya akan Anda diaplikasikan. Karena hal tersebut dapat menjadi salah satu elemen prioritas yang memastikan keberhasilan layanan Anda di masa depan. Menurut yang semestinya dipertimbangkan pertama kali sebelum pilih ragam server adalah mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan digunakan untuk kebutuhan rumit, sedang, atau hanya diaplikasikan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di awal, Anda kemudian baru dapat menetapkan model server yang layak untuk jasa  Anda.

Kiat-kiat Memilih Jenis Server yang Sesuai dengan Usaha Anda


Sekarang ini kebutuhannya, tipe server dibagi ke dalam empat kategori, adalah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kelebihan dari tiap-tiap server ini? Mari Kita lihat lebih jelas detailnya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga dikenal juga dengan nama entry level server. Server model ini biasanya diaplikasikan dalam sebuah jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang sedikit, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh computer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak digunakan sebab formatnya yang tidak memakan tempat dan mudah ditaruh pada rak server.
Tipe server ini amat layak untuk perusahaan berskala kecil untuk dijadikan pusat data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas pengguna computer antara dua puluh sampai 100 orang bisa memilih server macam ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kesanggupan yang lebih bagus jika dibandingkan server model entry level. Rata-rata midrange server telah dilengkapi dengan pendingin dan suplai kekuatan back up untuk mempertahankan server konsisten menyala sepanjang waktu.

Midrange server dapat menghandle sebagian tugas secara beriringan. Server ini mampu menjalankan beberapa tugas sekalian, seperti mengatur jaringan, memegang sistem pembagian file, dan menjalankan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekstension sehingga dapat simpan lebih banyak data dikala perusahaan tumbuh lebih besar. Beberapa, server tipe ini menawarkan ekspansi untuk prosesor, kapasitas penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Model Blade server belum memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, meski begitu server tipe ini memiliki keunikan tersendiri kalau dibandingkan dengan model value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Tipe desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan jenis ini terhubung pada sebuah kabel yang disusun dengan sistem pararel. Oleh sebab itu, server ini bisa memakai suplai energi, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya apabila ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server dapat diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang telah berjalan.
Model server ini cocok untuk bisnis kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, website isu, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server adalah model server tertinggi. Server ini sanggup menciptakan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server sanggup menampung lebih dari 1.000 user yang bertumpu kepada database yang sangat besar.
Server ini biasanya diterapkan oleh usaha besar, seperti jasa aviation, banking, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server biasanya dibentuk di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server model ini membutuhkan ruangan yang cukup luas dengan sistem pendinginan ruangan yang optimal agar server dapat berfungsi dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, bisa menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi usaha yang menerapkannya. Oleh sebab itu amat penting bagi Anda untuk memilih server yang bisa dipercaya setiap waktu.
Memilih server yang tepat akan berpengaruh pada performa bisnis, sebaliknya kesalahan dalam memilih server dapat berimbas jelek, bisa berupa server yang tidak sanggup menampung pekerjaan pengguna atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efektif dalam hal budgeting. Kesalahan ini sanggup mengakibatkan perusahaan rugi dari sisi keuangan, kekeliruan ini bahkan didasari oleh pengetahuan yang lemah seputar server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar