Rabu, 14 Maret 2018

Kiat-kiat Memilih Jenis Server yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Distributor Hewlett Packard di JakartaSaat mulai merintis jasa startup jangan pernah mengeyampingkan tentang pemilihan variasi server yang nantinya akan Anda digunakan. Karena hal tersebut bisa menjadi satu faktor penting yang memastikan keberhasilan bisnis Anda di masa depan. Berdasarkan yang wajib dipertimbangkan pertama kali sebelum pilih jenis server ialah mencari tahu keperluan Anda sendiri.
Apakah server akan diterapkan untuk kebutuhan high, menengah, atau hanya diaplikasikan untuk penyimpanan data. Dengan mencari tahu kebutuhan pada permulaan, Anda kemudian baru dapat menentukan model server yang cocok untuk bisnis  Anda.

Kiat-kiat Memilih Jenis Server yang Sesuai dengan Bisnis Anda


Sekarang ini kebutuhannya, macam server dibagi ke dalam empat kategori, ialah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa fungsi dan kesanggupan dari masing-masing server tersebut? Mari Kita lihat lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga disebut juga dengan nama entry level server. Server tipe ini lazim diaplikasikan dalam sebuah jaringan yang memiliki jumlah pc atau client yang sedikit, sekitar untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level dengan model rackmount sangat banyak diterapkan sebab formatnya yang ramping dan gampang ditaruh pada rak server.
Macam server ini sangat layak untuk perusahaan berskala kecil untuk diciptakan pusat data perusahaan dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk bisnis dengan kapasitas pengguna computer antara 20 hingga 100 orang bisa memilih server tipe ini. Midrange server memiliki spek dan kesanggupan yang lebih baik jika dibandingkan server jenis entry level. Pada umumnya midrange server telah dilengkapi dengan cooling sistem dan suplai energi cadangan untuk mempertahankan server tetap menyala terus.

Midrange server dapat menghandle beberapa tugas secara beriringan. Server ini sanggup menjalankan beberapa tugas sekaligus, seperti mengatur jaringan, mengendalikan cara pembagian data, dan melaksanakan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda pilih mempunyai fitur ekspansi sehingga mampu meyimpan lebih banyak data saat perusahaan tumbuh lebih pesat. Sebagian, server jenis ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Macam Blade server belum mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi, meskipun demikian server jenis ini memiliki keistimewaan tersendiri kalau diperbandingkan dengan jenis value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang memiliki sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.
Macam desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada sebuah rak saja. Server dengan model ini terhubung dengan sebuah kabel yang disusun secara pararel. Oleh sebab itu, server ini dapat menggunakan suplai energi, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), maka bila ada satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kerja dari jaringan yang sudah berjalan.
Tipe server ini sesuai untuk perusahaan kelas middle ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, laman info, dan laman perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server merupakan tipe server tertinggi. Server ini bisa menghasilkan daya kerja dan reliabilitas yang dibutuhkan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server sanggup mengakomodasi lebih dari seribu pengguna yang bergantung pada database yang sangat besar.
Server ini umumnya dipakai oleh bisnis besar, seperti jasa aviation, bank, kantor pemerintahan, supplier, stasiun TV, hospital,dan penyedia game online.
Enterprise server umumnya dirangkai di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server jenis ini memerlukan ruangan yang cukup luas dengan cara pendinginan ruangan yang maksimal agar server dapat berfungsi dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meskipun cuma satu menit, dapat menyebabkan kerugian yang cukup signifikan bagi bisnis yang menerapkannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memilih server yang dapat diandalkan setiap saat.
Memilih server yang ideal akan berpengaruh pada kinerja perusahaan, sebaliknya kesalahan dalam menentukan server bisa berimbas jelek, bisa berupa server yang tidak dapat menampung pekerjaan pengguna atau instansi membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa digunakan sehingga tidak efektif dalam hal keuangan. Kekeliruan ini bisa mengakibatkan usaha rugi dari sisi financial, kesalahan ini malah didasari oleh pengetahuan yang lemah perihal server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar