Minggu, 18 Maret 2018

Metode Pilih Tipe Server yang Sesuai dengan Jasa Anda

Distributor Hewlett Packard JakartaPada saat mulai merintis usaha startup jangan pernah mengeyampingkan tentang pemilihan tipe server yang nantinya akan Anda diterapkan. Sebab hal hal yang demikian dapat menjadi salah satu elemen utama yang menetapkan keberhasilan usaha Anda di masa depan. Menurut yang patut dipikirkan pertama kali sebelum memilih variasi server merupakan mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Apakah server akan digunakan untuk keperluan kompleks, menengah, atau cuma digunakan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru bisa memutuskan model server yang cocok untuk jasa  Anda.

Metode Pilih Tipe Server yang Sesuai dengan Jasa Anda


Saat ini keperluannya, jenis server dibagi ke dalam 4 kelompok, ialah Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kemampuan dari tiap-tiap server tersebut? Yuk Kita simak lebih jelas penjelasannya dibawah ini:
Value server
Value server lazimnya juga diketahui juga dengan nama entry level server. Server model ini biasanya diaplikasikan dalam suatu jaringan yang memiliki jumlah komputer atau client yang sedikit, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh komputer.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount cukup banyak diaplikasikan sebab bentuknya yang ramping dan gampang dipasangkan pada rak server.
Macam server ini sangat sesuai untuk perusahaan skala kecil untuk diciptakan sentra data bisnis dan juga untuk usaha warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan kapasitas pemakai pc antara 20 sampai 100 orang bisa memilih server macam ini. Midrange server memiliki spek dan kemampuan yang lebih bagus dibandingikan dengan server macam entry level. Kebanyakan midrange server telah dilengkapi dengan sistem pendingin dan suplai daya cadangan untuk menjaga server konsisten menyala terus.

Midrange server dapat menghandle beberapa tugas secara bersamaan. Server ini bisa menjalankan beberapa tugas sekalian, seperti pengatur jaringan, memegang sistem pembagian data, dan menjalankan print-sharing.

Pastikan midrange server yang Anda pilih memiliki fitur ekstension sehingga mampu simpan lebih banyak data ketika perusahaan tumbuh lebih cepat. Beberapa, server tipe ini menawarkan ekspansi untuk bagian prosesor, penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Jenis Blade server belum mempunyai spesifikasi yang amat tinggi, meski demikian server model ini memiliki keunggulan tersendiri jikalau diperbandingkan dengan tipe value dan midrange server. Blade server tertata pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan memori, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terkoneksi satu sama yang lainnya.
Macam desain rak blade server dapat digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan jenis ini tersambung dengan sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh karena itu, server ini mampu menerapkan penyuplai kekuatan, sistem pendinginan, dan ruang penyimpanan secara berbarengan.
Karena server ini memiliki fitur pluggable (gampang dibongkar dan dipasang), karenanya kalau ada salah satu server yang tidak bisa berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa perlu menganggu kerja dari jaringan yang telah berjalan.
Jenis server ini tepat untuk perusahaan kelas menengah ke atas, seperti penyedia layanan website hosting, situs info, dan situs perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni tipe server paling tinggi. Server ini mampu menghasilkan kinerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang sangat berat dan banyak. Enterprise server dapat mengakomodasi lebih dari 1.000 pengguna yang bergantung pada database yang besar.
Server ini biasanya diaplikasikan oleh bisnis besar, seperti jasa penerbangan, bank, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun televisi, hospital,dan jasa game online.
Enterprise server umumnya disusun di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisikan komputer. Server model ini membutuhkan ruang yang cukup luas dengan cara pendinginan ruangan yang maksimal supaya server dapat bekerja dengan sempurna.

Kegagalan fungsi server, meski cuma satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang sangat signifikan bagi perusahaan yang menggunakannya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang bisa diandalkan setiap waktu.
Memilih server yang pas akan berimbas pada kinerja usaha, sebaliknya kekeliruan dalam memilih server bisa berimbas buruk, bisa berupa server yang tidak sanggup menampung pekerjaan pengguna atau perusahaan membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diaplikasikan sehingga tidak efektif dalam hal keuangan. Kesalahan ini mampu mengakibatkan bisnis rugi dari sisi keuangan, kesalahan ini malah didasari oleh pengetahuan yang kurang perihal server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar